Jumat, 26 Juli 2019

Definisi Kekuatan Semua Pengguna Buah Iblis Dalam Serial One Piece


Nah, pada postingan saya kali ini saya akan menjelaskan mengenai berbagai kemampuan dari pengguna buah iblis baik itu yang bertipe Logia, Paramecia, ataupun Zoan. Logia sendiri dapat dimaknai sebagai buah iblis yang memasukkan elemen - elemen alam di dalam kekuatannya. 

Lain halnya dengan Paramecia yang membuat pemakainya memiliki kemampuan super. Sementara itu untuk yang terakhir yaitu buah iblis yang bertipe Zoan, yang dapat ditafsirkan sebagai buah iblis yang berkemampuan untuk membuat penggunanya merubah bentuk dan wujudnya ke dalam bentuk hewan, monster, dsb. Namun sebelum itu kita bahas terlebih dahulu para pengguna buah iblis bertipe Paramecia.

1. Edward Newgate ( Gura - Gura No Mi )












Edward Newgate adalah Kapten dari bajak laut Shirohige yang juga berstatus sebagai Yonko, dirinya memakan buah iblis bertipe Paramecia yaitu Gura - Gura No Mi yang berarti Gempa. Kekuatan utama yang diberikan oleh buah ini kepada penggunanya ialah kemampuan untuk menghasilkan getaran besar, atau gelombang kejut, yang dapat berefek ataupun berdampak kehancuran hampir ke semua media, termasuk tanah, dasar laut, bahkan udara.

Pengguna buah ini bisa dibilang dapat menghancurkan seluruh isi pulau dengan mudah, meskipun tidak dapat dipungkiri untuk menghancurkan seisi pulau tersebut diperlukan kemampuan buah iblis yang dilakukan secara berulang kali.

2. Basil Hawkins ( Wara - Wara No Mi )










Basil Hawkins merupakan seorang pesulap yang juga tergabung di dalam Supernova, Hawkins sendiri memakan buah iblis bertipe Paramecia yaitu tepatnya Wara - Wara No Mi yang berarti Jerami. Kekuatan utama dari buah iblis ini yaitu untuk mengendalikan jerami, dan membuat jerami sebagai boneka voodoo, mengubah tubuhnya menjadi manusia jerami, dan memindahkan luka ke tubuh orang lain.

Karena hal ini, luka yang diderita Hawkins, mulai dari yang ringan sampai yang fatal akan dikirim ke tubuh orang lain ataupun musuhnya. Kelemahan dari teknik ini sendiri terletak pada batas boneka voodoo yang bisa dibuat, yang hanya bisa sampai 10 buah boneka di dalam tubuhnya, dan tentu saja setelah 10 itu dia akan mengalami rasa sakitnya.

3. Emporio Ivankov ( Horu - Horu No Mi )













Emporio Ivankov adalah seorang ratu Okama dari kerajaan Kamabakka sekaligus juga seorang komandan dari Pasukan Revolusioner. Sementara itu, dirinya memakan buah iblis bertipe Paramecia yaitu tepatnya Horu - Horu No Mi yang berarti Hormon. Yang memberikan dirinya kemampuan untuk menghasilkan hormon yang mampu mengontrol sistem tubuh manusia.

Kemampuan buah iblisnya ini juga mampu merombak sistem kerja tubuh seseorang seperti merubah jenis kelamin dan memicu vitalitas layaknya doping. Hal tersebut juga memungkinkan dirinya untuk meningkatkan peluang hidup seseorang yang sedang dalam kondisi sekarat, meski memiliki resiko dapat memperpendek umur mereka selama sepuluh tahun sebagai gantinya.

4. Gladius ( Pamu - Pamu No Mi )












Gladius merupakan salah satu kru dari bajak laut Donquixote. Dirinya sendiri memakan buah iblis bertipe Paramecia yaitu Pamu - Pamu No Mi yang berarti Pemecah. Yang memungkinkan dirinya untuk membuat  tubuh sendiri atau benda anorganik yang tersentuh untuk memecah atau mengurai benda tersebut sampai berhamburan.

Selain itu, ia juga dapat memanfaatkan kemampuannya pada benda anorganik untuk efek ledakan seperti layaknya granat. Gladius juga dapat mengirimkan pecahan material yang meledak untuk menyerang musuhnya, seperti yang ia lakukan pada helm logamnya. Dan sekalipun berasal dari orang - orang yang hidup mereka dapat dianggap sebagai benda anorganik, sehingga memungkinkan dirinya untuk meledakkan diri mereka.

5. Trafalgar D. Water Law ( Ope - Ope No Mi )















Trafalgar D. Water Law merupakan Kapten sekaligus juga merangkup dokter dari Bajak Laut Hati. Sementara itu buah iblis yang dirinya makan ialah Ope - Ope No Mi yang bisa diartikan sebagai Operasi. Dan dengan memakan buah iblis tersebut memungkinkan Law untuk menciptakan bulatan berwarna biru yang menyelimuti suatu wilayah ataupun kawasan.

Dimana di dalam wilayah yang telah diselimuti tersebut, dirinya mampu melakukan hal apa saja didalamnya seperti memotong - motong tubuh ataupun mengambil jantung musuhnya tanpa membunuhnya, menukar kepribadian orang lain, menukar posisi tempat orang lain, bahkan dirinya juga dapat menyambung kembali lengannya yang terputus seusai bertarung dengan Doflamingo.

6. Barthomelew Kuma ( Nikyu - Nikyu No Mi )











Barthomelew Kuma adalah mantan anggota Pasukan Revolusioner yang menjadi royal Shichibukai, yang memiliki reputasi sebagai bajak laut menakutkan dan juga brutal sehingga dijuluki " Tiran " Kuma. Sementara itu buah iblis yang dirinya makan bertipe Paramecia yang bernama Nikyu - Nikyu No Mi yang kalau diartikan dapat berarti Cakar. Buah iblis tersebut, memberinya bantalan telapak tangan yang berkemampuan untuk memantulkan apa saja, termasuk udara di sekitarnya dalam kecepatan tinggi.

Kekuatan dari buah ini juga memungkinkan dia mendorong dirinya sendiri sehingga dapat berpindah lokasi dalam sekejap mata, membuat orang lain hilang hanya dengan menepuknya yang kemudian memindahkan orang tersebut terbang ke lokasi yang sangat jauh, Dan yang terakhir yaitu untuk memantulkan rasa sakit, nyeri, kelelahan yang dialami oleh seseorang.

7. Foxy ( Noro - Noro No Mi )
Foxy merupakan kapten Bajak Laut Foxy yang terkenal dengan permainannya "Davy Back Fight", yaitu semacam kontes permainan yang dilakukan antar kelompok bajak laut, dimana aturan dari permainan tersebut ialah bagi tim pemenang bisa mencuri kru bajak laut yang disukai untuk direkrut.
Sementara itu, buah iblis Paramecia yang dimakan Foxy adalah Noro - Noro No Mi yang berarti Sinar Pelambat.

Dengan kemampuan dari buah iblis tersebut, memungkinkan Foxy untuk mengeluarkan semacam sinar yang dapat melambatkan gerakan suatu objek yang terkena jangkauan sinar tersebut selama 30 detik. Kelemahan dari buah iblis ini sendiri terletak pada sinarnya yang dapat dengan mudah dipantulkan menggunakan kaca ataupun benda - benda lain yang sejenis.

8. Vander Decken IX ( Mato - Mato No Mi )














Vander Decken IX merupakan seorang manusia ikan sekaligus juga mencakup sebagai kapten dari Bajak Laut Flying, Decken sendiri memiliki otoritas atas krunya dan mengontrol kapal legendaris Flying Dutchman, Bajak Laut Flying terkenal dengan legendanya mengumpulkan semua harta yang berada di dasar lautan. Dan dengan buah iblis bertipe Paramecia yaitu Mato - Mato No Mi yang berarti Target.

Buah iblis tersebut memungkinkan manusia ikan seperti Decken untuk melemparkan benda apapun untuk mengejar seseorang sebagai target, dengan hanya menyentuh orang tersebut dengan telapak tangannya. Dirinya dapat mengunci seseorang sebagai target lalu kemudian mengirimkan sesuatu yang ia sentuh sebagai proyektil pengejar. Namun, apabila Decken tak sadarkan diri ataupun meninggal maka efek Mato - Mato akan segera dibatalkan. 


Sementara itu berikut adalah para pengguna buah iblis bertipe Logia yang konon merupakan buah iblis tipe terkuat bila dibandingkan tipe lainnya yaitu Paramecia ataupun Zoan. Dan tanpa tunggu lama lagi berikut adalah penjelasannya.

1. God Enel ( Goro - Goro No Mi )















God Enel merupakan dewa negeri langit Skypea yang menjadi dalang utama di balik perang di pulau langit. Enel memakan buah iblis bertipe Logia yaitu Goro - Goro No Mi yang dapat diartikan sebagai Petir. Kekuatan yang berasal dari buah iblis tersebut memungkinkan penggunanya untuk memanipulasi, mengendalikan, dan mentransformasikannya ke dalam elemen yang mereka kendalikan.Dengan kemampuan buah tersebut, Enel dapat dengan leluasanya mengatur tegangan listriknya, dengan output maksimumnya adalah 200 juta volt.

Dia juga mampu menghindari serangan fisik normal dengan merubah tubuhnya menjadi kilat, bergabung dengan materi padat seperti emas atau kayu untuk kepentingan melakukan perjalanan berkecepatan cahaya ataupun untuk melakukan pertahanan terhadap serangan musuh. Selain itu, dirinya juga dapat menggunakan buahnya untuk melejitkan hatinya jika memasuki keadaan henti jantung dengan menerapkan goncangan listrik ke tubuhnya.

2. Crocodile ( Suna - Suna No Mi )















Crocodile adalah mantan Shichibukai sekaligus juga pimpinan dari organisasi rahasia, Baroque Works, yang tetapi kemudian dilucuti dari gelarnya setelah mencoba untuk mengambil alih kerajaan Alabasta dan dikirim ke penjara bawah laut Impel Down. Dia memakan buah iblis Suna - Suna No Mi bertipe Logia yang berarti Pasir. Kekuatan yang dimiliki oleh buah tersebut memungkinkan penggunanya untuk menemukan lokasi pasir hisap, menciptakan badai pasir ataupun untuk menyerap cairan.

Buah iblis Logia ini juga dapat memungkinkan Crocodile untuk merasakan sesuatu yang bergerak melalui pasir seperti sungai bawah tanah, menyebabkan makhluk hidup seperti manusia dan tanaman menjadi layu karena dehidrasi, sementara untuk benda seperti batu ataupun tanah akan hancur menjadi debu dan pasir. Buah ini juga merupakan jenis Logia pertama yang dapat menangkal kelemahannya sendiri secara alami dan bahkan juga bertambah kuat di daerah gurun.

3. Portgas D. Ace ( Mera - Mera No Mi )



Portgas D. Ace merupakan Komandan Divisi Ke 2 dari bajak laut Shirohige. Sementara itu, untuk buah iblis yang Ace makan ialah Mera - Mera No Mi bertipe Logia, yang bisa diartikan sebagai Api. Seperti jenis Logia pada umumnya buah ini akan memungkinkan Ace untuk memproduksi serta juga menjadi berubah menjadi elemen Api.

Pengguna buah Mera - Mera seperti Ace juga mampu menciptakan serangan berbasis api dan juga kebal terhadap berbagai serangan berbasis panas, terkecuali magma seperti kemampuan dari buah iblis milik Akainu. Selain itu dirinya juga mampu untuk menghindari serangan normal yang terlihat seakan menembus dan melewati dirinya. Kemampuan dari buah ini juga memiliki efek tambahan di dalam membakar lawan, tergantung pada berbagai serangan.

4. Smoker ( Moku - Moku No Mi )
Smoker merupakan seorang perwira tinggi Angkatan Laut, yang juga menjabat sebagai kapten Angkatan Laut di Loguetown. Dirinya kini dipromosikan sebagai laksamana madya dan bermarkas di G-5 Dunia Baru. Smoker memakan buah iblis tipe Logia tepatnya Moku - Moku No Mi yang berarti Suara Asap. Buah iblis tersebut memberinya kemampuan untuk merubah raganya menjadi elemen asap atau manusia asap.

Dengan kemampuan asap yang diberikan buah Moku - Moku, Smoker dapat mengatur kepadatan asap sehingga mampu mengikat seseorang dengan relatif mudah, memutar bagian bawah tubuh menjadi asap dan meluncur terbang layaknya roket. Selain itu dengan memanfaatkan kekuatan asapnya, Smoker juga dapat menjalankan mesin sepeda motornya yang bernama Billower Bike sebagai transportasi darat.

5. Caribou ( Numa - Numa No Mi )











Caribou adalah rookie bajak laut yang terkenal karena sikapnya yang sadis, dan rentan terhadap tindakan kekerasan yang brutal, bersama dengan adiknya Coribou mereka berdua menggunakan reputasi mereka untuk membunuh Prajurit Angkatan Laut. Caribou memakan Numa - Numa No Mi yang berarti Lumpur. Buah iblis tersebut memungkinkan dirinya untuk membuat rawa dari berbagai ukuran, dan juga menyerap segala macam bentuk serangan dengan menggunakan massa rawa.

Walaupun terlihat dangkal kelihatannya, namun lumpur tersebut mampu menenggelamkan lawan ke dalamnya. Selain itu kemampuan yang dimiliki oleh buah Numa - Numa memungkinkan Caribou untuk membuat rawa - rawa yang tak berdasar sehingga dirinya berkemampuan untuk menyimpan hampir segala sesuatu di dalam tubuhnya.

6. Marshall D. Teach ( Yami - Yami No Mi )

Marshall D. Teach merupakan laksamana dari bajak laut Kurohige, dan juga merupakan salah seorang Yonko. Dirinya juga dikenal sebagai satu - satunya orang dalam sejarah One Piece yang mempunyai kekuatan dua Buah Iblis. Sementara itu, Buah iblis bertipe Logia yang dimakan Teach ialah bernama Yami - Yami No Mi yang bisa diartikan sebagai Kegelapan. Kekuatan yang diberikan oleh buah Yami - Yami memungkinkan Teach untuk mengontrol kegelapan dan objek misterius seperti gravitasi.

Selain itu pengguna buah ini juga dapat memakai kemampuan buah ini untuk menarik tubuh lawan ke arah mereka, menciptakan suatu bentuk lubang hitam yang mampu menghisap ataupun mengeluarkan tubuh lawan, Dan yang terakhir kemampuan terunik sekaligus menakutkan dari buah Yami - Yami ialah kemampuannya untuk meniadakan kekuatan buah iblis milik lawannya. Semua jenis buah iblis oleh kemampuan tersebut baik itu yang bertipe Paramecia, Zoan, maupun Logia.


Buah Iblis bertipe Zoan sendiri merupakan salah satu dari tiga jenis Buah Iblis. Jenis buah ini memungkinkan pemakai ataupun penggunanya untuk berubah menjadi spesies lain dan bentuk hibrida antar spesies sesuka hati. Buah iblis bertipe ini juga sangat efektif di dalam melakukan pertempuran jarak dekat. Dan berikut adalah beberapa pengguna dari buah iblis tersebut.

1. Kaido ( Mythical Zoan Serpentine Dragon )












Kaido adalah seorang Raksasa bertubuh besar dan juga merupakan salah satu dari anggota Yonko, dan dengan bentuk badannya yang tinggi besar juga kedudukannya sebagai seorang Yonko, pada akhirnya membuat Kaido dikenal sebagai sosok satria tanpa ampun dan juga tidak membiarkan satu kesempatan pun terlewat.

Dirinya memakan buah iblis bertipe Mythical Zoan yang memungkinkan dirinya untuk berubah ke dalam wujud Naga Serpentine. Dalam bentuk tersebut, Kaido selaku pengguna buah tersebut memiliki kemampuan untuk terbang ke langit. Dan setiap kali melakukan hal itu, awan gelap akan mengisi langit kemanapun dirinya pergi.

2. Jack ( Ancient Zoan Mammoth )













Jack merupakan seorang Kapten bajak laut yang sangat keras kepala dan juga ceroboh yang memiliki koneksi erat dengan dunia bawah New World. Selain itu dia juga bersekutu dengan salah satu Yonko yaitu Kaido. Jack sendiri memakan buah iblis tipe Ancient Zoan yang bernama Zou - Zou No Mi model Mammoth. Bentuk Mammoth penuh yang diberikan oleh buah Zou - Zou memberikan Jack bingkai besar, secara signifikan mampu meningkatkan ukuran yang sudah normal.

Selain itu dalam bentuk Mammoth yang dimilikinya Jack dapat menghancurkan suatu bangunan dengan sekali ayunan belalainya. Namun, dalam wujud tersebut pengguna akan memiliki bobot badan yang berat juga bergerak lambat, sehingga membuat mereka tidak mampu menghindari berbagai serangan berkecepatan tinggi.

3. Rob Lucci ( Carnivore Zoan Leopard )










Rob Lucci merupakan salah satu anggota dari tukang kayu yang bisa dibilang hebat di Galley - La Company's. Disana dirinya merupakan spesialis penggergaji, treenail dan spesialis baut, namun sebenarnya dia adalah anggota CP9 paling kuat dan yang mendapatkan cetak biru pluton dari Iceburg.
Lucci memakan buah iblis tipe Carnivore Zoan yaitu tepatnya Neko - Neko No Mi model Leopard.

Buah Neko - Neko memungkinkan penggunanya untuk berubah ke dalam bentuk setengah leopard ataupun ke dalam bentuk leopard seutuhnya sesuai keinginannya. Bentuk setengah leopard yang berukuran jauh lebih besar juga memungkinkan Lucci untuk meningkatkan kemampuan gaya bertarung yang dimilikinya seperti Rokushiki. 

4. Marco ( Mythical Zoan Phoenix )











Marco merupakan mantan Komandan Divisi ke-1 Bajak Laut Shirohige, selain itu dirinya juga merupakan orang kepercayaan terdekat Shirohige sekaligus tangan kanannya. Dan setelah terjadinya Perang Balas Dendam, Marco bekerja sebagai dokter di desa asal Shirohige, Sphinx, dan untuk para anggota Bajak Laut Shirohige. Dirinya sendiri memakan buah iblis bertipe Mythical Zoan yang bernama Tori - Tori No Mi model Phoenix.

Buah Iblis tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengubah dirinya menjadi wujud Phoenix api biru sesuai dengan keinginannya, meregenerasi setiap luka yang diderita lewat api biru yang pengguna hasilkan. Karena itulah, pengguna bisa dibilang sangat tangguh dan dapat mengambil sejumlah besar kerusakan dalam bentuk Phoenix-nya. Selain itu buah tersebut juga memberikan penggunanya kemampuan terbang yang terbilang langka, serta kemungkinan juga bisa meluncurkan serangan udara.

Sumber Referensi :
https://onepiece.fandom.com/id/wiki/Edward_Newgate
https://www.geeq.id/film-tv/3480/terungkap-ini-kekuatan-asli-dari-buah-setan-basil-hawkins
https://onepiece.fandom.com/id/wiki/Trafalgar_D._Water_Law
https://onepiece.fandom.com/wiki/Pamu_Pamu_no_Mi
https://onepiece.fandom.com/id/wiki/Marshall_D._Teach
https://onepiece.fandom.com/id/wiki/Numa_Numa_no_Mi














































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar